Minggu, 24 Agustus 2014

Aku Hanya Mahasiswa Pertanian


 

Apalah aku ini  hanya seorang mahasiswa pertanian
Tak seperti mahasiswa Teknik
Yang belajar merancang membuat bangunan megah
Sedangkan aku..?
Hanya belajar merancang lingkungan pertanian
Agar ekosistem tetap berjalan seimbang

Apalah aku ini..
Tak seperti mahasiswa Ekonomi Bisnis
Yang belajar mengelola perusahaan besar
Aku hanya belajar mengelola lahan pertanian
Agar kebutuhan hasil pertanian tercukupi

Apalah aku ini
Daripada mahasiswa ilmu administrasi
Mereka belajar menghitung pendapatan negara dan perusahaan
Daripada aku?
Yang hanya belajar menghitung kebutuhan pupuk tanaman
Agar tidak menghabis-habiskan subsidi pupuk negara

Apalah aku ini
Jika disandingkan dengan mahasiswa hukum
Yang belajar agar kelak dapat membela hak hak terdakwa
Aku..?
Aku hanya belajar peduli kehidupan buruh petani
Agar dapat membela hak-hak buruh tani dari tuan tanah 

Apalah aku ini
Tak layaknya mahasiswa ilmu budaya
Yang belajar budaya luar negeri yang keren dan modern
Aku hanya belajar budaya masyarakat pertanian
Agar budaya milik kita sendiri tidak dilupakan

Apalah aku ini
Tak Layaknya mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi
Yang belajar membuat software dengan hitungan rumitnya
Lalu aku..?
Aku hanya belajar dilaboratorium menyilangkan tanaman
Agar muncul varietas unggul dengan segala kelebihanya

Apalah aku ini...
Dibandingkan dengan mahasiswa Kedokteran
Yang belajar menyembuhkan orang sakit
Sedangkan aku...?
Hanya belajar menanam bahan makanan

Agar orang dapat bertahan hidup dengan makan



Jika ada kata2 yang dimenyinggung perorangan, kelompok atau instansi tertentu saya mohon maaf.
karena tidak ada unsur kesengajaan

0 komentar:

Posting Komentar