Selasa, 03 Juli 2012

Tips Agar Belajar Tidak Membosankan

Ada kalanya kita saat belajar pelajaran yang kita baca sejak tadi tidak ada yang masuk sama sekali.. Bukankah percuma jika kita belajar dengan waktu lama namun tinak ada hal yang terekam oleh otak. Disini saya akan membagikan sedikit tips agar Belajar tidak merasa membosankan.

1. Ubah Metode Belajar
Jangan belajar dengan cara yang sama dengan terus menerus. mungkin kamu tidak cocok dengan teknik belajar seperti itu, setahuku ada 3 jenis metode belajar
  • Metode Membaca : sebagian besar orang mengunakan metode belajar ini, orang yang cocok mengunakan tidak mengalami kesulitan yang berarti.
  • Metode Mendengarkan : Orang tipe ini akan lebih mudah 
  • Metode 
2. Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

3. Sering tapi jangan lama
Belajar jangan terlalu lama, namung per sering anda belajar, Seperti Pagi 45menit, Siang 15menit, Sore 30menit, malam 1 jam, INSYAALLAH lebih efektif.

4. Mengerti bukan Menghafal
Kalau anda menghafal sesuatu belum tentu anda mengerti. Saat Anda mengerti topik yang dipelajari, secara otomatis anda akan paham. Pemahaman ini yang akan membantu kamu menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, Anda pasti bisa jawab. Memang sih, beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya;baca berulang-ulang, tanpa kamu sadari hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.

Sesungguhnya belajar yang baik adalah belajar yang timbul dari dalam hati, bukan karena terpaksa. artikel ini terinspirasi dari berbagai tempat dan diri sendiri, Apabila ada salah-salah kata saya mohon maaf, maklumlah lagi belajar. SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar:

  1. okeh... yuk belajar... jangan cuman main2 aja...

    BalasHapus